
Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Survei Kepuasan Layanan Kesekretariatan (SKLK) Semester II Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Pusat Strategi Kebijakan Tata Kelola Hukum, Badan Strategi Kebijakan Hukum (BSK). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada Senin (27/10).
Survei Kepuasan Layanan Kesekretariatan merupakan instrumen untuk mengukur kualitas layanan kesekretariatan di lingkungan Kementerian Hukum. Hasil survei ini akan menjadi Indeks Kepuasan Layanan Kesekretariatan (ILK), yang menjadi salah satu capaian kinerja dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif atas persepsi pegawai terhadap kualitas layanan kesekretariatan, menggambarkan tingkat keberhasilan pelayanan yang dilakukan unit kerja, serta mengidentifikasi harapan pegawai terhadap peningkatan kualitas layanan di lingkungan Kementerian Hukum.
Dari Kanwil Kemenkum Kalsel, mewakili Kepala Kantor Wilayah, Alex Cosmas Pinem kegiatan ini diikuti oleh Tim Kerja BSK Hukum Kanwil serta perwakilan dari masing-masing tim kerja. Kehadiran seluruh unsur ini menunjukkan komitmen Kanwil untuk memastikan pelaksanaan survei berjalan optimal dan hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi peningkatan layanan internal.
Survei dilaksanakan berdasarkan sejumlah dasar hukum, di antaranya Peraturan Menteri Hukum Nomor 1 dan 2 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Hukum serta Kantor Wilayah, serta Keputusan Kepala BSK Hukum Nomor PPH-23.LT.03.01 Tahun 2025 tentang Tim Pelaksana Pengukuran Indeks Layanan Kesekretariatan.
Adapun pelaksanaan survei Semester II Tahun 2025 berlangsung mulai 27 Oktober hingga 7 November 2025, dengan responden terdiri atas seluruh pegawai di unit eselon I, Kantor Wilayah, dan UPT. Pengisian dilakukan melalui tautan survei daring yang telah disediakan oleh BSK Hukum.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memastikan kualitas pelayanan kesekretariatan semakin meningkat, serta memperkuat budaya kerja yang berorientasi pada hasil dan kepuasan pegawai. Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Selatan berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan survei ini dengan memastikan seluruh pegawai berpartisipasi aktif, guna mewujudkan tata kelola organisasi yang adaptif, responsif, dan transparan di lingkungan Kementerian Hukum. (Humas Kemenkum Kalsel, teks dan foto : Mahdi ed : Eko)










